Tuesday, April 23, 2019

Bangkit Bersama Kristus


Bangkit bersama Kristus ~ Setiap tahun kita merayakan kebangkitan Kristus. Tentu kita merayakan kebangkitan Kristus sebagai suatu pernyataan iman bahwa maut sudah dikalahkan. Kemenangan atas maut sudah dijamin oleh kebangkitan Kristus.

Sebagai pengikut Kristus di akhir zaman ini, kita harus bangkit bersama Kristus. Bangkit bersama Kristus itu penting. Dikatakan demikian, karena ada beberapa alasan kuat, yaitu:

Satu, bangkit bersama Kristus artinya kita meninggalkan cara hidup yang lama, yang sia-sia, yang tidak bermanfaat dan tidak produktif. Kita semua adalah manusia yang telah berdosa. Sebagaimana yang ditegaskan oleh rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat Tuhan yang ada di kota Roma, yaitu: “Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah” – Roma 3:23.

Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan suatu penegasan kepada kita betapa pentingnya kita bangkit bersama Kristus. Dikatakan demikian, karena hanya dengan bangkit bersama Kristuslah kita bisa mengalahkan dosa dan kuasanya di dalam hidup kita.


Dua, bangkit bersama Kristus artinya kita berkomitmen untuk hidup dalam kehidupan yang memuliakan Tuhan. Rasul Paulus menegaskan bahwa: “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” – 2 Korintus 5:17.

Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan beberapa hal penting berkaitan dengan bangkit bersama Kristus, yaitu: 1) Untuk bisa bangkit bersama Kristus, kita harus ada di dalam Kristus. 2) Bukti ada di dalam Kristus atau bangkit bersama Kristus ialah adanya perubahan hidup. 3) Hidup yang berubah hanya dimungkinkan oleh tindakan untuk bangkit bersama Kristus. 4) Bangkit bersama Kristus menegaskan ada kuasa rohani yang olehnya kita bisa mengalahkan cara hidup berdosa. 5) Bangkit bersama Kristus menegaskan adanya orisinal blessing atau berkat yang terbaik di dalam Kristus.

Tiga, bangkit bersama Kristus artinya kita mau bertekad untuk memberitakan kasih Kristus kepada sesama yang belum mengalaminya. Penulis Injil Matius, dalam pimpinan Roh Kudus berkaitan dengan memberitakan kasih Kristus, menulis: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman” – Matius 28:19-20.

Kutipan firman Tuhan di atas, memberikan penegasan kepada kita bahwa bangkit bersama Kristus ada misi yang kita harus kerjakan. Bangkit bersama Kristus untuk melakukan misi itu tidak bisa dilakukan dengan kekuatan kita sendiri. Pada sisi lain, bangkit bersama Kristus dan memberitakan kasih-Nya merupakan suatu bentuk taatnya kita kepada perintah Yesus.

Misi tersebut sangat jelas yaitu untuk menjadikan semua orang dari segala suku, kaum, bangsa dan bahasa sebagai murid Kristus. Lalu mereka yang dimuridkan itu dibaptis dalam dan atas nama Trinitas atau Tritunggal yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus.

Setelah murid-murid Kristus itu dibaptis dalam dan atas nama Trinitas atau Tritunggal, mereka harus diajarkan tentang Kristus dan karya-Nya serta misi yang harus dilakukan oleh setiap murid. Murid-murid tersebut harus bertumbuh dan didewasakan dalam iman kepada Kristus.

Ada jaminan bagi setiap kita bahwa dalam pelaksanaan misi-Nya, Kristus menyertai kita sampai Ia datang menjemput kita. Hal ini penting karena pasti ada kesulitan dalam upaya memberitakan kasih-Nya kepada dunia. Itu sebabnya penyertaan-Nya dibutuhkan sehingga menguatkan para murid untuk menjalankan misi keselamatan bagi manusia berdosa.

No comments:
Write komentar