Monday, April 29, 2019

Tritunggal Dan Kristologi

Tritunggal dan KristologiDoktrin Allah Tritunggal berada pada rangking teratas sebagai doktrin yang sangat sulit dijelaskan, dimengerti dan dipahami. Dikatakan demikian, karena berdasarkan pengakuan para penulis Alkitab yaitu bahwa Allah itu esa (monoteisme) tetapi juga dipercayai keberadaan dan kehadiran-Nya dalam tiga pribadi (hupostasis) ilahi. Dan tetap tidak terjebak ke dalam praktek penyembahan kepada tiga Allah (Triteisme).


Rangking kedua sebagai doktrin yang juga tidak kalah sulitnya untuk dijelaskan, dimengerti dan dipahami ialah doktrin Kristologi (doktrin tentang Kristus). Dikatakan demikian, karena sesuai dengan pengakuan dan ajaran para rasul, yaitu bahwa Yesus Kristus diberitakan, diterima dan diimani sebagai Allah sepenuhnya dan juga sepenuhnya manusia (Deus et vere homo).

Merujuk kepada pernyataan di atas, maka dapat dipahami bahwa sesungguhnya iman Kristen merupakan suatu misteri. Kemisterian iman Kristen mengacu kepada: misteri Allah Tritunggal dan misteri inkarnasi Yesus. Kita perlu mengerti dan memahami bahwa kedua doktrin tersebut bukan dan tidak bisa dipandang misteri. Mengapa dikatakan begitu?


Sebab doktrin (bahasa Latin Docere artinya mengajar) merupakan suatu upaya kita untuk menjabarkan dan memberi pengajaran tentang kehidupan di hadapan Sang Misteri tersebut. Penjabaran dan pengajaran kita selalu saja tidak lengkap dan terbatas. Kendati demikian, dalam frame menjabarkan dan mengajarkan doktrin memang tetap pada spirit harus bisa dimengerti dan diterima dengan benar.Sebagai sebuah penjelasan dan pengajaran, doktrin harus bisa dipahami dengan baik.

Arti kata misteri
Kata “misteri” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai: “Sesuatu yang masih belum jelas (masih menjadi teka-teki; masih belum terbuka rahasianya); kenyataan yang begitu luhur sehingga secara mendasar melampaui daya tangkap manusia; apa pun yang semakin dapat dimengerti atau dihayati, tetapi tidak pernah ditangkap seluruhnya sehingga tetap merupakan rahasia menyangkut kehadiran atau kegiatan Ilahi, misalnya Allah Tritunggal”.

Di sini, kata “misteri” harus kita mengerti dan pahami secara baik dan benar. Sebagaimana yang didefinisikan di atas, maka kita mengerti, mengetahui dan memahami bahwa kata “misteri” mengacu kepada kenyataan yang memang sulit untuk dijelaskan secara lengkap baik melalui logika apologetika rasional maupun diumpamakan berdasarkan fakta empiris.

Dengan demikian, iman Kristen merupakan sebuah misteri. Artinya di sini ialah bahwa misteri iman tentulah tidak sama dengan teka-teki dan problematika. Dikatakan demikian, karena masalah pasti ada solusinya atau bisa diselesaikan dan teka-teki bisa kita pecahkan.

Namun, ketika kita masuk dan menggeluti doktrin sebagai sebuah pengajaran tentang misteri iman sangatlah berbeda. Maksudnya ialah bahwa pengajaran atau doktrin yang bersentuhan dengan misteri iman bukanlah suatu upaya untuk menyelesaikan dan menyibak misteri itu. Tetapi suatu perjuangan iman dalam ranah hidup insani dengan spirit untuk merawat dan memeliharanya sehingga tetap dalam bingkai misteri dan secara bersamaan juga bahwa misteri iman dapat memberi arti dalam hidup beriman kita.

Berdasarkan doktrin Allah Tritunggal dan Kristologi (dua hakikat Yesus Kristus: Allah sepenuh-penuhnya dan manusia sepenuh-penuhnya[1]) sebagaimana diutarakan di atas, semua fondasi kebenaran tentang iman Kristen diajarkan, dihidupi, dipertahankan dan dikembangkan serta diberitakan. Karenanya menurut Gereja Orthodoks Timur bahwa di dalam kedua dogma itulah memberi jaminan manusia dapat diselamatkan kalau ia hidup di dalamnya dan pada sisi lain kalau manusia menolak untuk hidup di dalamnya maka dia pasti tidak selamat alias binasa.

Secara legal formal patut diakui bahwa doktrin tentang Trinitas atau Tritunggal diformulasikan atau dirumuskan sesudah gereja mula-mula memformulasikan secara legal formal rumusan tentang doktrin Kristologi. Dengan demikian, penerimaan dan pengakuan tentang doktrin Trinitas atau Tritunggal oleh gereja terjadi sebagai konsekuensi logis dari adanya rumusan doktrin Kristologi yang menegaskan bahwa Yesus Kristus sebagai Allah dan manusia yang menjadi mediator (pengantara) keselamatan bagi dunia. Karenanya mau tidak mau agar dapat mengerti dan memahami tentang doktrin Trinitas atau Tritunggal, kita musti mengawalinya dengan menggali terlebih dahulu konsep doktrin tentang Yesus Kristus. Bersambung...!



[1] Penggunaan kata “sepenuh-penuhnya” bertujuan untuk memberi tekanan dan penegasan tentang konsep keilahian Yesus Kristus dan kemanusiaan-Nya.

1 comment:
Write komentar
  1. Shalom bapak, ibu dan saudara/i yang dikasihi oleh Tuhan. Apakah ada diantara bapak, ibu maupun saudara/i yang pernah mendengar tentang Shema Yisrael dan V'ahavta? Kalimat pernyataan keesaan YHWH ( Adonai/ Hashem ) dan perintah untuk mengasihiNya yang dapat kita temukan dalam Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6 yang juga pernah dikutip oleh Yeshua/ ישוע/ Yesus di dalam Injil khususnya dalam Markus 12 : 29 - 31, sementara perintah untuk mengasihi sesama manusia dapat kita temukan dalam Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18. Mari kita pelajari cara membacanya satu-persatu seperti yang akan dijabarkan di bawah ini :

    Ulangan/ דברים/ Devarim 6 : 4 - 6, " שְׁמַ֖ע יִשְׂרָאֵ֑ל יְהֹוָ֥ה אֱלֹהֵ֖ינוּ יְהֹוָ֥ה ׀ אֶחָֽד׃. וְאָ֣הַבְתָּ֔ אֵ֖ת יְהֹוָ֣ה אֱלֹהֶ֑יךָ בְּכׇל־לְבָבְךָ֥ וּבְכׇל־נַפְשְׁךָ֖ וּבְכׇל־מְאֹדֶֽךָ׃. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " Shema Yisrael! YHWH [ Adonai ] Eloheinu, YHWH [ Adonai ] ekhad. V'ahavta e YHWH [ Adonai ] Eloheikha bekol levavkha uvkol nafshekha uvkol me'odekha

    Imamat/ ויקרא/ Vayikra 19 : 18, " וְאָֽהַבְתָּ֥ לְרֵעֲךָ֖ כָּמ֑וֹךָ. "

    Cara membacanya dengan mengikuti aturan tata bahasa Ibrani yang berlaku, " V'ahavta l'reakha kamokha "

    Untuk artinya dapat dilihat pada Alkitab LAI.

    Diucapkan juga kalimat berkat seperti ini setelah diucapkannya Shema

    " . בָּרוּךְ שֵׁם כְּבוֹד מַלְכוּתוֹ לְעוֹלָם וָעֶד. "
    ( Barukh Shem kevod malkuto, le'olam va'ed, artinya Diberkatilah Nama yang mulia, KerajaanNya untuk selamanya )

    🕎✡️🐟🤚🏻👁️📜✍🏼🕯️❤️🤴🏻👑🗝️🛡️🗡️🏹⚖️⚓🕍✝️🗺️🌫️☀️🌒⚡🌈🌌🔥💧🌊🌬️❄️🌱🌾🍇🍎🍏🌹🍷🥛🍯🦁🦅🐂🐏🐑🐎🦌🐪🕊️🐍₪🇮🇱

    ReplyDelete